Cara Sekolah Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Siswa

Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

Secara umum, pelajaran bahasa Inggris sudah didapatkan setiap siswa sejak sekolah dasar (SD). Sayangnya, hal tersebut tak melulu membuat siswa jadi lancar berbahasa Inggris. Pasalnya, di tengah persaingan global saat ini, masih banyak siswa SMA, bahkan mahasiswa, yang kesulitan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Samarinda, Julinah menjelaskan, selalu mendukung kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Selain pelajaran di dalam kelas, sekolahnya juga menyediakan wadah belajar bahasa Inggris di luar jam pelajaran.

"Ada klub bahasa Inggris, itu seperti ekstrakurikuler. Peminatnya cukup banyak. Kami juga ada klub bahasa Jerman," ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Julinah mengungkapkan, menguasai bahasa Inggris saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan dia sempat menyesal lantaran saat sekolah dulu tidak belajar bahasa Inggris dengan baik.

"Kalau bisa, saya ingin kembali lagi muda supaya bisa belajar bahasa Inggris dengan benar. Karena ini sangat penting. Kalau tidak bisa, akan tertinggal," terangnya.

Selain membentuk ekstrakurikuler, kata Julinah, sekolah juga rutin mengikutkan siswa yang berkompeten untuk mengikuti lomba-lomba bahasa Inggris. Menurut dia, cara tersebut sebagai bentuk dukungan sekolah bagi siswa berprestasi, sekaligus melatih mental siswa agar berani unjuk gigi di depan umum.

"Selain diikutkan lomba, belum lama ini sekolah juga mengajak sekira 15 siswa ke Kampung Inggris di Pare, Kediri, untuk belajar bahasa Inggris," ucapnya.

Tahun ini, Julinah memboyong puluhan siswanya untuk mengikuti Asian English Olympics (AEO) yang diadakan oleh Bina Nusantara English Club (BNEC). Julinah menambahkan, ini merupakan kali kedua sekolahnya hadir menjadi peserta pada ajang yang diikuti 10 negara tersebut.

"Ternyata minat anak-anak tinggi sekali dalam ajang ini. Kalau di Samarinda tidak ada acara sebesar ini. Semoga bisa ikut setiap tahun karena kesempatan para siswa untuk berprestasi di sini sangat terbuka," tukasnya.